Hallo sahabat Gadget , pernahkah anda membeli barang lewat online ? atau jualan online , ya kini bisnis E-commerce di Indonesia memang sedang tumbuh pesat , nah berbicra tentang Bisnis Online , pernahkah anda mendegar nama Amazon ? yup , Amazon adalah Toko Online Terbesar di Dunia yg Didirikan oleh Jeff Preston Bezos pada tahun 1995 sebagai toko buku on-line,Jeffrey Preston Bezos lahir 12 Januari 1964 di Albuquerque, New
Mexico. Keluarganya orang kaya dan pernah mengakuisisi 250.000 hektare
areal peternakan di Cotulla, di mana Bezos menghabiskan sebagian besar
musim panas masa kecilnya dan bekerja dengan kakeknya. Pada usia muda
Bezos mulai memperlihatkan ketertarikannya dengan dunia ilmu pengetahun
dan ayahnya mengkonversi garasi menjadi laboratorium untuk
proyek-proyek ilmunya. Amazon yang berpusat di Seattle , Awalnya Amazon menjual buku, kemudian musik dan video, dan sekarang menjadi toko serba ada yg menjual juga
perangkat lunak, bahkan Tablet buatan sendiri ( Amazon Kindle Fire ) – Amazon tumbuh menjadi toko serba ada
virtual dengan 17 juta konsumen online di seluruh dunia.
CEO & Founder Amazon Jeff Bezos |
Bahkan ketika jaringan toko serba ada yang telah berhasil seperti Barnes dan Noble dan Wal-Mart berusaha merebut bagian dalam ritel on-line, CEO Bezos telah berhasil mempertahankan toko online Amazon.com sebagai pemimpin pasar dan mempertahankan konsumen melalui inovasi yang tiada habisnya,salah satu inovasi dari Amazon adalah jasa pengiriman memakai yg menggunakan Drone, yg menjanjikan Paket konsumen akan sampai dalam waktu 30 menit !! wow Amazing sekali - walaupun hal ini belum diterapkan ,Tapi mungkin nantinya Amazon akan benar-benar memakai Teknlogi Drone sebagai alat pengiriman mereka ke Konsumen,Video dibawah adalah Amazon Delivery System yg masih dalam tahap uji coba, dan Robot yg membantu di Amazon.
Belum ada perusahaan seperti Amazon ketika Bezos sedang meneliti
perangkat lunak dan internet untuk sebuah perusahaan di New York City
pada tahun 1994. dia tertarik dengan kemungkinan mendirikan usaha
menjual buku melalui Dunia maya dengan cara yang hampir sama seperti
perusahaan yang menerima pesanan dan menjual buku melalui pos. ide ini
terbukti sangat menarik sehingga Bezos dengan segera berhenti dari
pekerjaannya, mengumpulkan uang dari keluarga dan teman, menulis suatu
rencana bisnis, dan pindah ke Seattle agar berlokasi dekat dengan
pemasok buku besar.
Satu tahun kemudian, Amazon.com memulai usahanya. Pada bulan pertama
pendiriannya, tanpa iklan atau jasa hubungan masyarakat, situs tersebut
menarik minat konsumen dari semua negara bagian Amerika Serikat dan
lebih dari empat puluh negara lainnya.
Pada awal dimulainya usaha Amazon, jaringan toko buku
besar yang telah ada tidak terlalu tertarik pada Amazon. Akan
tetapi ,dalam waktu dua tahun, strategi perusahaan toko online
Amazon.com seperti memberikan harga diskon, e-mail mengenai ulasan buku
secara gratis dan fasilitas pencarian yang mudah telah menarik minat
begitu banyak pembeli dan begitu banyak liputan media sehingga para
pesaing mulai berjuang untuk membuka toko buku Internet sendiri.
Akan tetapi, reputasi Amazon yang telah mapan dan konsumen yang setia
menjadi halangan utama yang perlu diatasi oleh para pesaing Amazon. Walaupun
telah melakukan promosi yang agresif dan strategi penetapan harga yang
agresif juga, salah satu toko online Barnesanobie.com masih belum mampu manyamai penjualan on-line
dan ukuran konsumen Amazon.
Sementara itu, Bezos telah mengembangkan perusahaan ke dalam berbagai
macam produk dengan membeli saham di perusahaan e-commerce
seperti pets.com. dia juga merancang sesi lelang di Amazon untuk menarik
keberhasilan seperti yang diperoleh eBay, situs lelang Internet
pertama.
Inovasi Amazon |
Sebagai tambahan, Bezos membuat ruang di situs Amazon untuk zShops,
suatu ruangan dimana usaha-usaha kecil dapat menjual produk di Amazon
dengan membayar ongkos.suatu Inovasi lagi dari Amazon .
Satu alasan dari keberhasilan Amazon adalah gaya manajemen yang
berorientasi pada tindakan dari pendirinya, Jeff Bezos. Walaupun ia
merencanakan dengan hati-hati gerakan perusahaannya di masa mendatang, dia
juga ingin menghindari kelumpuhan yang mungkin berasal dari analisis
dari kehati-hatian yang tidak berkesudahan.
Sebagai pionir dalam e-commerce, Bezos terbiasa membuat keputusan
secara cepat untuk mengambil keuntungan dari kesempatan yang tidak
terduga dan sering berlalu dengan cepat. Dia memberi semangat kepada
semua karyawannya di Amazon untuk berbuat hal yang sama, bahkan jika itu
berarti kadang-kadang terjadi salah langkah.
Agar dapat terus tumbuh dan berinovasi, Amazon harus terus menerima,
melatih, dan memotivasi manajer dan karyawannya. Bezos secara pribadi
terlibat dalam keputusan mengangkat manajer-manajer puncak di Amazon, yang ia
percayai untuk mempekerjakan orang yang akan bekerja di bawahnya,dan dengan manajer-manajer yg TOP maka Amazon akan tumbuh dengan pesat.
Karena Bezos tahu bahwa seorang tenaga kerja yang memiliki keterampilan
sangat penting bagi keberhasilan Amazon, Bezos menanyakan pertanyaan
yang menyelidik mengenai teknik penerimaan pegawai ketika ia
mewawancarai kandidat manajemen puncak.
Di tengah skedul manajemennya yang padat, Bezos masih menyisihkan
waktunya yang berharga untuk menelurusi Web situs Amazon, dan seringkali
berjalan-jalan di pusat perbelanjaan mencari ide-ide baru. agar tetap
berhubungan dengan karyawan dan konsumennya, ia berterima kasih kepada
karyawan-karyawan tertentu untuk pekerjaan yang telah mereka lakukan,
dan dia membaca pesan-pesan e-mail dari konsumen untuk mengetahui apa
yang mereka sukai dan tidak sukai.
Setiap bulan Desember, Bezos dan seluruh tim manajemen ikut bekerja
secara langsung untuk menangani permintaan yang memuncak saat liburan Natal dan Tahun Baru. ia terjun langsung ikut membungkus paket untu dikirim ke konsumen atau
menjawab telepon dari konsumen, denga begitu Bezos dapat merasakan apa yang dihadapi
oleh manajer lini-pertama dan para karyawan dan mengetahui apa yang
dinginkan oleh para konsumen Amazon.
Tidak ada komentar